Pembangunan Saluran Air Hujan (SAH) Kelurahan Baciro

Nama Pekerjaan           : Pembangunan SAH Tersebar

Lokasi                             : Gang utara SMA Stella Duce 2 Yogyakarta ke arah barat hingga Jl. Dokter Sutomo

Nilai Kontrak                 : Rp 254.021.765,00

Mulai Kontrak               : 7 Juni 2022

Waktu Pelaksanaan      : 90 hari kalender

Tahun Anggaran            : 2022

Kontraktor Pelaksana    : CV. Jaya Lestari

Konsultan Pengawas     : CV. Cahaya Bumi Maya

 

Semakin berkembangnya suatu daerah, lahan kosong untuk meresapkan air secara alami akan semakin berkurang. Permukaan tanah tertutup oleh beton dan aspal, hal ini akan menambah air limpasan permukaan. Kelebihan air ini jika tidak dapat dialirkan akan menyebabkan genangan. Dalam perencanaan saluran drainase harus memperhitungkan curah hujan, tata guna lahan, dan luas daerah tangkapan air, sehingga dimensi saluran yang dihasilkan dapat menjaga agar ruas jalan tetap kering walaupun terjadi kelebihan air agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Genangan di ruas jalan masih sering terjadi di beberapa kota, khususnya kota padat penduduk. Genangan di ruas jalan akan mengganggu masyarakat yang menggunakan ruas jalan tersebut untuk melakukan aktivitas transportasi dan perekonomian. Proyek Pembangunan Saluran Air Hujan di Kelurahan Baciro menerapkan konsep Drainase Rama Lingkungan (Eko-Drainase) yang mana air limpasan/run-off yang masuk ke sistem drainase tidak langsung dibuang ke badan sungai terdekat, melainkan diresapkan dulu ke tanah, melalui sumur resapan yang dibangun pada sistem drainase tersebut. Konsep ini diharapkan dapat menjaga konsistensi lengas tanah, meningkatkan cadangan air tanah dan membantu menjaga kuantitas ground water flow/muka air tanah.

Dalam proses pembangunannya SAH Kelurahan Baciro ini  memungkinkan terjadinya gangguan lalu lintas di daerah sekitar pekerjaan seperti kemacetan dan kebisingan terutama di Jl. Dokter Sutomo yang digunakan sebagai lokasi bongkar muat bahan pekerjaan.