Peringatan Hari Air Sedunia (HAD) ke-30 tahun 2022

Hari Air Sedunia atau World Water Day diperingati setiap tanggal 22 Maret. Peringatan Hari Air Sedunia (HAD) ke-30 tahun 2022 kali ini mengusung tema nasional "Melestarikan Air Tanah Agar Berkesinambungan (MANTAB)" yang diadopsi dari tema internasional “Groundwater: Making the Invisible, Visible”. “Peringatan HAD ke-30 merupakan upaya bersama untuk meningkatkan perhatian publik dan masyarakat internasional akan pentingnya air tanah bagi kehidupan untuk selanjutnya bersama-sama melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan,” ujar Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo secara virtual melalui zoom meeting, Rabu (30/3/2022).

Memaknai tema tersebut Kementerian PUPR Regional Yogyakarta bersama UPT Pengelolaan Rusunawa, DPUPKP Kota Yogyakarta turut serta yaitu dengan melakukan aksi penanaman pohon yang dilaksanakan di Rusun MBR Bener Tegalrejo. Aksi penanaman pohon dilakukan sebagai bentuk upaya untuk penghijauan lingkungan serta dengan semakin banyaknya pohon yang ditanam maka akan semakin banyak pula cadangan air tanah untuk kehidupan di masa depan.

Selama pandemic Covid-19, Pemerintah RI mewajibkan semua warganya untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan sering cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Akan tetapi, berdasarkan data dari PBB melalui Sustainable Development Goal 6, sekitar 40 persen orang dari populasi di dunia atau sekitar 3 miliar orang tidak memiliki fasilitas untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.

Untuk itu sangat diperlukan akses air bersih yang memadai. Salah satu upaya untuk mewujudkannya yaitu dengan melakukan aksi penanaman pohon.