PENINGKATAN KEPEDULIAN DAN KEPATUHAN DALAM PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KONSTRUKSI

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta melalui seksi Pembinaan Jasa Konstruksi  telah melaksanakan salah satu kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi yang bertajuk Peningkatan Kepedulian dan Kepatuhan Dalam Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Konstruksi.

SMK3 merupakan bagian yang tidak terpisah dari sistem perlindungan tenaga kerja dan bagi pekerjaan jasa konstruksi dapat menimalisasi dan menghindarkan diri dari resiko kerugian moral aupun material, kehilangan jam kerja , maupun keselamatan manusia dan lingkungan sekitarnya yang nantinya dapat menunjang peningkatan kinerja yang efektif dan efisien dalam proses pembangunan. Manajemen keslamatan dan kesehatan kerja yang dilaksanakan dengan baik diharapkan akan memberi iklim keamanan dan ketenangan kerja, sehingga sangat membantu dalam meningkatan produktivitas tenaga kerja.

Agar terwujud sinergi yang baik untuk pengembangan jasa konstruksi di Kota Yogyakarta maka sluruh komponen Jasa Konstruksi perlu untuk segera mengetahui dan memahami Sistem Manajemen Keslamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sehingga dapat mengambil sikap dan menyesuaikan untuk kemudian mengambil peran masing - masing agar kecelakaan kerja dapat ditekan sekecil - kecilnya.

Acara ini diselenggarakan pada Hari Rabu 24 Agustus 2022 bertempat pada Burza Hotel Yogyakarta yang diikuti oleh Asosiasi Badan Usaha, Asosiasi Profesi Kota Yogyakarta dengan jumlah kuranglebih 50 orang beserta stakeholder yang berkaitan dengan acara ini.

Acara dipimpin oleh Ibu Artanti Setyaningsih, S.T. selaku Subkordinator Pembinaan Jasa Konstruksi yang pada kesempatan ini menjadi MC dan Dibuka langsung oleh Bapak Ir. Hari Setowacono,M.T selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta dan Moderator pada kesempatan ini yaitu Bapak Suko Darmanto.S.Sos selku Kepala Bidang Pengendalian Bangunan dan Pembinaan Jasa Konstruksi.

Doc. Ibu Artanti Setyaningsih S.T sedang membawakan Acara

 

Doc. Bapak Ir. Hari Setyowacono,M.T memberi sambutan sekaligus membuka acara

 

Doc. Bapak Suko Darmanto menjadi Moderator pada kesempatan ini

 

Pada Kesempatan ini bertindak sebagai Narasumber yaitu 

  1. Bapak Toriq Arif Ghuzdewan,S.T.,MSCE Akademisi Dosen Teknik Sipil UGM
  2. Bapak Rhafian Prabarinandar BPJS Ketenagakerjaan Kota Yogyakarta
  3. Bapak Bagas Rahmatullah PT. Waskita Amarta

 

 

Doc. Pak Toriq sedang memberikan materi Peningkatan Kepedulian masyarakat jasa konstruksi dalam menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan konstruksi

 

Doc. Pak Rhafian sedang memberikan materi tentang aturan dan proses Pengurusan BPJS Ketenagakerjaan Konstruksi di Kota Yogyakarta

 

Doc. Pak Bagas sharing pengalaman SMK3 di Lingkungan proyek

 

Kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi serta hubungan baik antar stakeholder sekaligus menyebarluaskan dan memberikan informasi / pemahaman mengenai aturan serta pelaksanaan Sistem Manajemen Keslamatan dan Kesehatan Konstruksi yang berlaku di Indonesia dan lebih spesifik untuk wilayah Kota Yogyakarta.

 

dilanjutkan dengan tanya jawab

 

acara ditutup dengan foto bersama dan dilanjutkan makan siang bersama sama.

Terimakasih-