PELATIHAN BIMBINGAN TEKNIS PERIZINAN BERUSAHA BERBASIS RESIKO SUBSEKTOR KONSTRUKSI

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman melalui seksi Pembinaan Jasa Konstruksi melaksanakan Pelatihan bertajuk Bimbingan Teknis Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Subsektor Konstruksi ( Pelatihan )  pada Hari Selasa, 27 September 2022 pukul 08.00 - 13.00 WIB bertempat di R. Rapat Lantai 2 Griya UMKM jl. Tamansiswa No. 39 Yogyakarta. yang diikuti 42 Perusahaan dibidang konstruksi dan perwakilan dari asosiasi badan usaha maupun asosiasi Profesi.Transformasi digital di masa sekarang tidak bisa ditawar dan telah memasuki ranah hampir setiap usaha dan pekerjaan termasuk di dalam menangani izin-izin usaha. Tertibnya penyelenggaraan administrasi konstruksi merupakan salah satu faktor pendukung kelancaran pembangunan infrastruktur yang sedang dilaksanakan pemerintah Kota Yogyakarta.

 

 

 

 

 

Kegiatan langsung dipimpin oleh Ibu Artanti Setyaningsih, S.T. selaku Subkoordinator Pembinaan Jasa Konstruksi.

 

 

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya seluruh Hadirin Bimtek berdiri dan Menyanyi dengan sikap Sempurna.

 

 

Saat ini untuk membuat izin usaha sangatlah mudah, cepat dan gratis melalui online single submission (OSS). Online single submission adalah sistem website yang sangat bermanfaat untuk memfasilitasi perizinan dan pengaduan agar nantinya para pengambil keputusan dapat melakukan kegiatan penindakan. Penggunaan OSS yang disyaratkan oleh pemerintah selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Perkembangan dan perubahan dalam sistem OSS harus direspon secara cepat. Terkait dengan itu dibutuhkan kompetensi yang mumpuni di bidang IT atau tekhnologi digital dalam proses pengurusan izin-izin.

 

 

Peserta Bimtek sedang mendengarkan materi yang diberikan oleh Narasumber.

 

Sebagai sarana untuk melatih sumber daya manusia di bidang konstruksi dalam pengurusan perizinan malalui OSS dan sistem perizinan PUPR, Kelompok Substansi Pembinaan Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta perlu melaksanakan kegiatan pelatihan/bimbingan teknis untuk mensosialisasikan serta memfasilitasi para pelaku usaha jasa konstruksi untuk mengakses, memahami serta mempraktekan pembuatan izin usaha melalui sistem Online single submission (OSS) guna mendorong tumbuhnya kesadaran untuk memiliki perizinan legalitas yang nantinya dapat mereka gunakan untuk mengakses berbagai program yang dicanangkan oleh pemerintah.
Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para peserta pelatihan semuanya memiliki motivasi yang tinggi dalam mengikuti setiap tahap pelatihan ini sehingga materi yang diberikan dapat terserap dengan baik dan dapat diterapkan di dunia kerja sehari-hari.

 

 

Narasumber Pada kali ini yaitu Ibu Amiroh Lina Fauzziyah, S.T. dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

 

Narasumber Ke 2 yaitu Bapak H. Agus Gendroyono Selaku perwakilan dari LPJK Pusat melalui Hybrid dikarenakan suatu hal beliau memberi materi melalui zoom meeting kepada peserta Bimtek.

 

Acara Pelatihan jasa konstruksi ini dimaksudkan untuk mewujudkan sumber daya manusia di bidang konstruksi yang handal, professional dan tertib administasi. Output yang diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan pelatihan yaitu peserta mampu memahami dan melaksanakan proses pengurusan perizinan berbasis resiko melalui OSS dan sistem perizinan PUPR secara optimal.

 

 

Acara ditutup dengan Beliau Bapak Suko Darmanto, S.Sos selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Pembinaan Jasa Konstruksi dikarenakan waktu pembukaan tadi beliau berhalangan hadir untuk penutupan acara Bimtek pada kesempatan ini Beliau yang menutup langsung.