BIMBINGAN TEKNIS SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI BALAI JASA KONSTRUKSI WILAYAH IV SURABAYA BEKERJA SAMA DENGAN DINAS PEKERJAAN UMUM PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN KOTA YOGYAKARTA

 

Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya menggelar kegiatan yaitu Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi ( SMKK ) di Ruang Rapat Pillar Utama Dinas PUPKP Kota Yogyakarta.

Bimbingan Teknis SMKK dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal 7 sampai dengan 11 November 2022, dengan pola luring bertempat pada Ruang Rapat Pilar Utama Dinas PUPKP Kota Yogyakarta. Bimbingan Teknis ini akan dibagi menjadi 30 sesi, yang terdiri dari 27 sesi materi dari pengajar dan 3 sesi berupa kunjungan lapangan yang akan dilaksanakan ke salah satu proyek pembangunan di Kota Yogyakarta (Pusat Desain Industri Nasional Kota Jogja)*.

Untuk mewujudkan Sumberdaya Manusia yang kompeten dan profesional dalam mensukseskan program pemerintah yang telah dicanangkan khususnya dalam hal keselamatan konstruksi, DPUPKP Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Direktorat Jendral Bina Konstruksi Kementrian PUPR melaksanakan Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). 

 

 

Berikut Doc. Bp. Gigih Yanuarto ( Ketua Panitia dari Balai Jakon Surabaya ) , Bp. Suko Darmanto, S.T ( Kepala Bidang Pengendalian Bangunan dan Pembinaan Jasa Konstruksi ), Bp. Ir. Hari Setyowacono, M.T ( Kepala Dinas PUPKP Kota Yogyakarta ).

 

 

 

Doc. Bp. Ir. Hari Setyowacono, M.T sedang memberikan sambutan dan sekaligus membuka Kegiatan Bimtek SMKK.

Dalam Sambutannya Bapak Kepala Dinas Menyampaikan:

Tujuan dari pelaksanaan Bimbingan Teknis ini adalah untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan para pelaku bidang konstruksi baik penyedia jasa maupun pengguna jasa dalam menerapkan pembinaan dan pengawasan norma-norma K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi. 

Sejumlah kasus kecelakaan kerja terjadi belakangan ini menjadi perhatian semua pihak. Kecelakaan kerja berdampak terhadap kerugian material, korban jiwa, gangguan kesehatan dan mengganggu produktifitas. Oleh karena itu pemerintah perlu melakukan upaya yang nyata untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan di dunia kerja konstruksi yang biasanya terjadi karena kelalaian dan pelanggaran peraturan.

Melalui Bimbingan Teknis ini diharapkan bisa mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) bidang konstruksi yang kompeten dan profesional dalam melaksanakan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja bidang konstruksi sehingga nantinya proyek-proyek konstruksi dapat mewujudkan zero accident.

 

 

 

Doc. Bp. Gigih Yanuarto selaku Ketua Panita dari Balai Jakon Wilayah IV Surabaya sedang memberikan sambutan.

Jumlah peserta yang hadir dan mengikuti pelatihan berjumlah 50 orang terdiri dari 30 orang pengguna jasa dan 20 orang penyedia jasa baik dari asosiasi maupun perusahan konstruksi di wilayah kota yogyakarta. Dengan tenaga pengajar dari Direktorat Bina Konstruksi, Politeknik Pekerjaan Umum, Akademisi Universitas Diponegoro, dan Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia.

 

 

 

Doc. Foto Bersama Narasumber Ibu Gitaning Primaswari,S.T., M.M,.M.T. dengan Peserta Bimtek SMKK.

 

 

 

 Doc. Narasumber Bp. Ferry Hermawan S.T., M.T., P.hd sedang memberikan materi.

 

 

 

 

 Doc. Narasumber Bp. Lazuardi Nurdin.CSP sedang memberikan materi.

 

 

 

 Doc. Narasumber dari BPJS sedang memberikan materi informasi mengenai Keslamatan Kerja Konstruksi.

 

 

 

 

Doc. Peserta Bimtek Memakai APD lengkap setelah kunjungan Proyek di PDIN ( Pusat Desain Industri Nasional Kota Jogja )

 

 

 

Doc. Foto Bersama Peserta Bimtek SMKK di hari terakhir

 

 

 

 

 

Foto Depan

 

 

- Terimakasih -