FORUM KOMUNIKASI JASA KONTRUKSI  HALAL BIHALAL IDUL FITRI 1444 H “PERKUAT SILATURAHMI, BANGUN KEBERSAMAAN DAN TINGKATKAN  KERJASAMA BERSAMA BURUH TANGGUH”

 

 

 

Kegiatan Forum Komunikasi yang dilaksanakan pada Hari Selasa, 16 Mei 2023 di Ruang Horizon Meeting Room @Home Premiere Hotel  Yogyakarta yang dihadiri 50 orang yang terdiri dari 20 orang dari Asosiasi Badan Usaha dan Asosiasi Profesi, 10 orang dari Dinas terkait, dan 20 orang dari perwakilan tenaga kerja konstruksi di Kota Yogyakarta.

 

 

Doc. Acara dipimpin Oleh MC.

Dalam kesempatan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Kelompok Substansi Pembinaan Jasa Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta mengadakan kegiatan halal bihalal masyarakat jasa konstruksi di Kota Yogyakarta. Halal bihalal adalah kegiatan menyambung kembali tali silaturahmi yang pernah putus dan menjalin hubungan baik satu sama lain secara terus menerus, mewujudkan keharmonisan dan berbuat baik secara berkelanjutan. Tidak hanya dalam hubungan antar kerabat maupun keluarga, tradisi halal bihalal juga dapat menjadi sarana untuk menjalin integrasi antar organisasi dan instansi.

 

Doc. Safety Induction dari pihak Hotel @Home Premiere Hotel

 

Doc. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

Pesan yang berupaya diwujudkan melalui tradisi halal bihalal bukan sekadar saling memaafkan, tetapi mampu menciptakan persatuan di antara anak bangsa sehingga dapat memperkuat silaturahmi, membangun kebersamaan dan meningkatkan kerjasama. Karena itu, halal bihalal bukan sekadar tradisi keagamaan, tetapi juga kemanusiaan, kebangsaan, dan kemaslahatan bersama. Untuk menyampaikan materi hikmah syawalan serta penyegaran semangat kerja bagi masyarakat sektor jasa konstruksi akan dihadirkan pembicara sekaligus motivator berpengalaman.

 

Doc. Sambutan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Bapak Ir. Hari Setyowacono, M.T.

Kegiatan halal bihalal ini berdekatan pula dengan peringatan Hari Buruh Internasional pada tanggal 1 Mei, sehingga akan dilengkapi dengan diskusi yang membahas terkait upaya memajukan dan meningkatkan kesejahteraan buruh atau pekerja di sektor konstruksi.  Materi “Bangsa yang maju adalah bangsa yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan pekerjanya” akan disampaikan oleh narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan dan “Setiap pekerja layak diapresiasi” yang akan disampaikan oleh narasumber Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta yang juga akan menyampaikan terkait aturan dan ketentuan tentang buruh/ pekerja bidang konstruksi yang harus diperhatikan & dipenuhi oleh perusahaan atau badan usaha di sektor jasa konstruksi. 

 

Untuk menjamin tenaga kerja konstruksi di Kota Yogyakarta memperoleh fasilitas layak agar dapat tumbuh, berkembang dan memiliki nilai tambah yang meningkat secara berkelanjutan, memiliki profesionalisme dan daya saing maka dibutuhkan komunikasi, kerjasama dan koordinasi sebagai upaya penataan dan penguatan buruh atau tenaga kerja serta lembaga maupun badan usaha sektor konstruksi.

 

 

 

Doc. Moderator pada kesempatan ini Kepala Bidang Pengendalian Bangunan dan Pembinaan Jasa Konstruksi Bapak Suko Darmanto, S.T.

 

Doc. Narasumber 1. Dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi     

Kota Yogyakarta Bapak Dwiyono.

 

 

 

 

 

 

Doc. Narasumber 2 dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Yogyakarta Bapak Indriyatno.

 

Doc. Narasumber 3. Ustadz Munif Tauhid, S.Psi.

Kegiatan forum komunikasi jasa konstruksi ini dimaksudkan untuk menjalin komunikasi serta hubungan baik antar stakeholder termasuk pekerja maupun pelaku usaha konstruksi di Kota Yogyakarta, sekaligus menyebarluaskan dan memberikan informasi/pemahaman mengenai aturan serta pelaksanaan pemenuhan hak-hak tenaga kerja konstruksi di Kota Yogyakarta. Output yang diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan forum komunikasi jasa konstruksi yaitu peserta memiliki pengetahuan dan pemahaman serta mampu menerapkan sistem dan aturan terkait pemenuhan hak tenaga kerja konstruksi secara tepat dan optimal.