BIMBINGAN TEKNIS PENDAFTARAN E-KATALOG DAN E-PURCHASING  DALAM PENGADAAN JASA KONSTRUKSI DI KOTA YOGYAKARTA

( Kamis, 27 Juli 2023 )

 

 

 

Bimbingan Teknis Pendaftaran E-Katalog dan E – Purchasing Dalam Pengadaan Jasa Konstruksi di Kota Yogyakarta. Dilaksanakan pada Hari Kamis , 27 Juli 2023 Pukul 08.30 – 12.00 WIB bertempat pada Ruang Pillar Utama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta.

Dalam rangka mendukung program modernisasi pengadaan barang dan jasa dengan sistem elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta khususnya pada subsektor jasa konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Bagian Administrasi Pembangunan dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa yang mengatur kebijakan pengadaan barang atau jasa pemerintah, memiliki peran untuk memastikan bahwa calon pengguna katalog elektronik mampu menggunakan sistem tersebut secara tepat.

 

 

 

Pengadaan barang/jasa secara garis besar dilaksanakan sesuai peraturan perundangan yang ada, yaitu melalui perencanaan, proses pengadaan, pemesanan ke distributor, penerimaan, dan distribusi ke unit layanan. Dengan e-katalog, prosesnya hampir sama. Banyaknya jumlah produk yang tayang pada katalog elektronik juga menandakan banyaknya penyedia yang ikut berpartisipasi pada katalog elektronik lokal Kota Yogyakarta. Namun realitas yang ada pada e-katalog lokal Kota Yogyakarta beberapa item masih kosong, terutama di subsektor konstruksi. sedangkan program strategis Pemerintah Kota Yogyakarta terdapat banyak pekerjaan konstruksi yang seharusnya dapat dilaksanakan lebih cepat dengan sistem e-katalog ini. Oleh karena itu perlu dilakukan terobosan untuk mendorong perusahaan jasa konstruksi untuk mendaftarkan diri di sistem e-katalog lokal Kota Yogyakarta.

Yang bertindak menjadi Narasumber pada kesempatan ini:

 

Dengan tujuan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta mengadakan Bimbingan Teknis E-Katalog dan E-Purchasing kepada lebih dari 35 peserta dari berbagai perusahaan jasa konstruksi daerah Kota Yogyakarta. Kegiatan ini akan memberikan informasi seputar syarat pada tahapan pendaftaran hingga evaluasi kualifikasi e-katalog hingga proses e-purchasing, serta diharapkan dapat mengatasi kendala penggunaan yang biasa dihadapi, hingga memberikan tips penggunaan yang lebih mudah.

 

 

 

Peserta yang hadir dan mengikuti kegiatan pelatihan jasa konstruksi berjumlah 40 orang perwakilan perusahaan jasa konstruksi di Kota Yogyakarta yang memiliki salah satu kualifikasi berikut :

a.         Pekerjaan aspal terpasang,

b.         Pekerjaan bangunan pelengkap jalan terpasang,

c.         Pekerjaan jalan beton terpasang,

d.         Pekerjaan jalan paving batu alam granit terpasang,

e.         Pekerjaan persiapan, tanah dan perkerasan berbutir terpasang,

f.          Pekerjaan saluran drainase dan talud terpasang,

g.         Pekerjaan trotoar paving, batu alam granite terpasang.